Sekolah di SDB (Sekolah Darma Bangsa) Bandar Lampung, Berapa Biayanya?

Berbeda dengan dua tulisan sebelumnya yang membahas tentang sekolah berbasis agama islam, kali ini saya akan membahas sekolah swasta nasional yang juga bereputasi bagus di Kota Bandar Lampung yaitu Sekolah Darma Bangsa atau lebih dikenal dengan SDB. Berlokasi di Jl. ZA Pagar Alam, Bandar Lampung, gedung sekolah ini mencuri perhatian dengan desain fasadnya yang mengaplikasikan warna-warna ceria. SDB menawarkan jenjang sekolah mulai dari kelas toddler sampai SMA jadi wajar saja jika area sekolah ini cukup luas.

Nah, kalau bunda pernah melewati sekolah ini saat berjalan di Jl. ZA Pagar Alam dan ingin tau berapa biaya untuk sekolah di sekolah ini, pssst… saya punya “bocorannya” lho. Jadi bunda mau tau aja apa mau tau banget?? Kalo emak-emak pasti mau tau banget ya kan? ihh… sama!! Saya juga setiap survei ke sekolah-sekolah, selain menanyakan soal kurikulum pastilah ujung-ujungnya tanya berapa biayanya.

Oke jadi berapakah dana yang harus dikeluarkan untuk menyekolahkan anak di sana?Berikut saya berikan rincian biaya masuk TK dan SD di SDB untuk tahun ajaran 2018 – 2019.

  • Toddler : total sekitar Rp. 9 juta-an
  • Nursery : total sekitar Rp. 7 juta-an (paket DPP sampai lulus TK B)
  • TK A : total sekitar Rp 6 juta-an (paket DPP sampai lulus TK B)
  • TK B : total sekitar Rp. 6 juta-an
  • SD : total sekitar Rp. 16 juta-an

Dana di atas dialokasikan untuk biaya DPP, SPP bulan pertama, seragam dan atribut, serta ATK dan buku. Dana tersebut merupakan dana minimal yang bisa didapatkan apabila bunda mendaftar di gelombang awal yaitu pada bulan Desember 2017 – Februari 2018 dengan catatan harus cash. Kalau mau menyicil bagaimana? tenang, bisa kok. Untuk membayar biaya sekolah dengan menyicil,  bunda diberi waktu selama satu tahun untuk dua kali pembayaran. Namun pasti ada selisih harga dengan pembayaran cash. Dengan kata lain, cash sudah pasti lebih murah.

Nah, dengan harga tersebut apa saja fasilitas yang bisa didapatkan? mari kita bahas.

Fasilitas

Dari segi fasilitas, SDB saya rasa lebih unggul daripada dua sekolah yang saya bahas sebelumnya. Untuk fasilitas tingkat TK, SDB menyediakan dua tipe kelas yaitu kelas biasa dan kelas montessori. Semua kelas mulai dari kelas toddler sampai SMA difasilitasi pendingin ruangan (AC) dan loker. Terdapat ruang gymnastic yang dilengkapi dengan trampolin dan permainan anak-anak lainnya. Sekolah ini juga menyediakan kolam renang, taman bermain outdoor, kantin, lapangan, area parkir yang luas, ruang ibadah, ruang serba guna, ruang tunggu orang tua, klinik, ruang angklung, dan perpustakaan yang didominasi buku-buku anak impor (jujur saya sungguh mupeng! book lovers will love this!) Untuk foto-foto fasilitas selengkapnya bisa langsung kunjungi ke alamat web Sekolah Darma Bangsa dengan klik di sini. 

 

sumber gambar: http://www.darmabangsa.sch.id/index.php/fasilitas

 

Kurikulum

SDB merupakan sekolah Nasional Plus yang memadukan/menambahkan kurikulum nasional dengan muatan luar. Nah kurikulum luar ini ditunjukkan dengan komitmen SDB dalam menerapkan lingkungan sekolah yang bilingual. Jadi di SDB ini, guru dan siswa menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan akademis maupun non akademis. Buku-buku yang digunakan juga campuran. Buku dari kurikulum nasional untuk pelajaran seperti b. Indonesia, muatan lokal, agama dan buku pelajaran import untuk pelajaran science, math dan english. Sebagai bocoran, buku pelajaran yang digunakan oleh siswa-siswa SDB adalah buku My Pals Are Here (MPH) yang merupakan judul buku yang berasal dari  Singapura.

Nah, bagaimana bunda? Tertarik sekolahkan anak anda di SDB?

Please follow and like us:

Written by 

One thought on “Sekolah di SDB (Sekolah Darma Bangsa) Bandar Lampung, Berapa Biayanya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *