Blogging untuk pemula : perbedaan blog gratisan dan berbayar

Langkah-langkah blogging untuk pemula. Ada beberapa cara untuk mengekspresikan diri dan pemikiran kamu melalui blog. Sebelumnya, saya perlu jelaskan dulu beberapa jenis blog yang selama ini berseliweran di internet :

  1. Blog gratis (yang paling populer yaitu wordpress dan blogspot)
  2. Blog berbayar (beli di perusahaan yang menjual domain dan hosting)

Bedanya apa? kalau blogging gratisan, otomatis nama blog kita akan disertai oleh domain pemilik blog. Misal shofiaishar.wordpress.com atau shofiaishar.blogspot.com. Kalau kita pakai blog berbayar, tidak perlu lagi ada embel-embel .wordpress/.blogspot tapi bisa langsung .com. Contoh, shofiaishar.com seperti pada web blog ini.

Nah kita harus memutuskan dulu either pakai yang gratisan atau yang berbayar.

Terus selain ekstension namanya beda, apalagi bedanya antara blog gratis dan blog berbayar?

Blog gratisan

1. Kita tidak bisa pasang Google Adsense di blog kita. Google Adsense ini adalah fasilitas google untuk menampilkan iklan di blog kita dan oleh karenanya kita berpeluang mendapatkan uang. Tapi kabarnya sih kalau blogspot bisa karena blogspot punya-nya Google (coba dites sendiri).

2. Tidak bisa custom untuk pilihan besaran kapasitas penyimpanan di blog kita. Kalau kita tipe blogger yg ingin banyak posting foto dam video, saya rasa kapasitas blog gratisan akan kurang

Blog berbayar

Kebalikannya blog gratisan tadi,

1. Bisa pasang Google Adsense

2. Bisa customize besaran kapasitas hosting

3. Bisa customize hal-hal lain misal kita bisa pesan agar blog kita cepat terindeks google dengan membeli fitur di tempat kita beli domain dan hosting

Mungkin masih banyak lagi perbedaannya namun saya juga belum tau. Yang tersebut di atas adalah berdasarkan yg saya alami saja.

Selamat mencoba

 

Please follow and like us:

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *