Movie Review : Three Billboard Outside Ebbing, Missouri

Kali ini saya mau review film yang juga banyak mendapatkan nominasi Oscar 2018 dan membawa pulang dua piala yaitu untuk kategori Actress in a leading role dan Actor in a supporting role
Awalnya saya ragu nonton film ini karena judulnya panjang amat ? dan baca sinopsisnya kayaknya suram. Tapi akhirnya saya putuskan untuk nonton karena mau lihat akting Frances McDormand yang mengalahkan Saoirse Ronan, Margot Robbie, Sally Hawkins dan Meryl Streep di kategori Actress in a leading role Academy Awards 2018.

Plot
Film ini berkisah tentang seorang ibu (Mildred Hayes diperankan oleh Frances McDormand) yang marah dan depresi pasca kematian putrinya yang meniggal karena diperkosa dan dibakar. Kemarahan Hayes makin menjadi karena setelah 7 bulan kasus kematian putrinya, belum juga tertangkap pelakunya.

Akhirnya suatu ketika Hayes punya ide untuk menyewa 3 billboard tua yang sudah 20 tahun tidak pernah lagi ada yang pakai. Ketiga billboard ini berjejer di perbatasan Kota Ebbing, Missouri. Lokasi billboard ini juga merupakan lokasi diperkosanya si anak. Pesan di billboard tersebut merupakan sindirian untuk kepolisian setempat dan khususnya untuk Kepala Polisinya (William Willoughby yang diperankan oleh Woody Harrelson). Pesan dalam billboard tersebut adalah:

Billboard 1 :

“RAPED WHILE DYING”

Billboard 2 :

“AND STILL NO ARREST?”

Billboard 3

“HOW COME CHIEF WILLOUGHBY?”

Hasil gambar untuk Three Billboard Outside Ebbing, Missouri

Mildred Hayes bersama 3 billboard yang disewanya

Hasil gambar untuk Three Billboard Outside Ebbing, Missouri

Pesan pada Billboard yang disewa Mildred Hayes

Inti dari pesan di Billboard tersebut adalah bahwa Mildred Hayes mengkritik keras kinerja kepolisian  setempat yang dinilai lamban dan tidak serius menyelidiki kasus yang menimpa anaknya. Dan benar saja, akibat billboard-billboard tersebut, kepolisian seperti “kebakaran jenggot” khususnya bagi Chief William Willoughby dan kaki tangannya Dixon, yang merupakan polisi junior di kepolisian tersebut.

Film ini membawa kritik terhadap beberapa isu yang menurut saya sangat cerdas:

Keseriusan suatu lembaga dalam dalam menjalankan tugasnya

Pada film ini diperlihatkan kondisi kantor kepolisian daerah yang isinya polisi-polisi malas dan tidak bergairah. Akibatnya, masyarakat kurang respect sama aparat kepolisian. Mereka diperlihatkan “berani” sama polisi terutama semenjak Mildred Hayes memasang pesan-pesan sindiran di Billboard.

Penyalah-gunaan wewenang atau kekuasaan yang dicerminkan oleh sikap “mentang-mentang” karena berkuasa maka boleh semena-mena kepada kaum lemah

Dixon, junior Chief Willoughby mencerminkan sikap semena-mena seorang polisi yang berkuasa. Suka menindas yang lemah dan yang dia nggak suka tanpa perlu alasan.

Jangan pernah main main sama emak. Film ini tuh sebenernya tentang The Power of Emak-Emak ?

Yes, bener banget. Jangan pernah main-main sama emak-emak atau hidup lo bakalan kacau. Mildred Hayes merupakan ibu yang sangat marah dan mampu melakukan apa saja untuk mengungkap kasus anaknya.

Jangankan polisi, penjahatnya aja kalo ketemu berani dia lawan

STOP MISSERABLING YOUR LIFE

Sekalipun depresi, Mildred Hayes tidak menunjukkan kedepresiannya tersebut dengan mengasihani dirinya berlarut-larut. Kalau di awal ketika baca sinopsisnya saya ragu mau nonton karena lagi nggak selera nonton film-film sedih, ternyata saya salah. Mildred Hayes cerminan seseorang yang tangguh. Depresinya ditunjukkan dengan aksi yang tidak pernah lelah untuk menuntut keadilan. Keliatan banget kalau dia strong woman. Nggak pernah sekalipun dia menangis di film ini sekalipun dengan bahasa tubuhnya, terlihat kalau dia depresi

AKTING

3 pemain film ini mendapatkan nominasi Oscar, bahkan 2 aktor mendapat nominasi yang sama di satu kategori yaitu aktor pendukung terbaik.

Untuk kategori Actress in a leading role, film ini membawa pulang Oscar.

Akting Frances di sini memang luar biasa. Dia berhasil membawakan karakter ibu yang sedih dan marah tanpa harus menangis tersedu-sedu dan marah ngamuk-ngamuk. Tapi sebagai penonton, saya sangat yakin kalau dia sedang sangat marah dan depresi. Ini pasti akting yang sulit.

Dua peran polisi yaitu Willoughby dan Dixon, mendapatkan tempat di kategori  Actor in a supporting role. Dan Oscar akhirnya dibawa pulang oleh Dixon yang diperankan oleh Sam Rockwell ???

Berikut adalah gambar cuplikan scene di film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Hasil gambar untuk Three Billboard Outside Ebbing, Missouri

Midred bersama Chief Willoughby

Hasil gambar untuk Three Billboard Outside Ebbing, Missouri

Mildred bersama Dixon

Hasil gambar untuk Three Billboard Outside Ebbing, Missouri

Wajah depresinya Mildred Hayes

Hasil gambar untuk Three Billboard Outside Ebbing, Missouri

Dixon si polisi yang semena-mena

Membawa pulang dua Oscar
Sekalipun tidak menang di dua kategori yaitu Best Picture dan Best Sound Editing, namun film ini berhasil membawa pulang dua oscar. Alhamdulillah lah ya..

Selamat buat Frances McDorman dan Sam Rockwell. Your work was awesome.

Hasil gambar untuk frances mcdormand oscar

Hasil gambar untuk sam rockwell oscar

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *