Pengalaman menjalani Diet GM

Beberapa minggu yang lalu saya merasa resah karena hampir semua celana rasanya sesak sekali dipakai. Memang sebelumnya saya tipe orang yang hobi banget diet tapi juga hobi melanggarnya. Jadi wacana pengen kurus ini sudah dari lama banget deh ya tapi baru bener-bener terwujud ketika ada panggilan kalbu (tsaaaahh ilah) yang berkata bahwa “kali ini kamu benar-benar harus berhasil”.

Maka ketemulah saya dengan seorang teman yang pernah sukses melakukan diet dan diet yang dia lakukan adalah diet GM. Saya penasaran banget karena katanya diet ini hanya butuh waktu seminggu untuk menurunkan 5 – 7 kg! Apaaaaa???? sungguhkahh??? Akhirnya saya bulatkan tekad untuk melakukannya.

Saya kasih sedikit info dulu ya tentang diet GM itu apa. Jadi diet GM adalah :

The GM diet, also known as the General Motors diet, is a plan that promises to help you lose up to 15 pounds (6.8 kg) in just one week.

Each day of the GM diet permits you to eat different foods or food groups.

Proponents of the diet claim this technique stimulates weight loss and helps burn fat faster than other diets. (source: https://www.healthline.com/nutrition/gm-diet)

Singkatnya, diet ini menjanjikan penurunan berat badan secara signifikan bahkan sampai 7kg dalam waktu hanya 1 minggu dengan memakan kelompok makanan tertentu yang ditentukan tiap harinya. Diet ini dianggap sebagai diet yang paling efektif menurunkan berat badan dibanding jenis diet yang lainnya. Yang dijanjikan diet ini antara lain adalah:

  • Menurunkan berat badan sampai 7kg dalam 7 hari
  • Membersihkan racun dalam tubuh
  • Meningkatkan kinerja sistem pencernaan
  • Meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak

benar benar manis sekali janji janjinya.. dan saya rasa diet ini worth a try.

Pada prinsipnya, diet ini rulesnya mudah diikuti (tapi dijalaninnya yang susah) karena sudah ada aturan menu hariannya seperti ini:

  1. Hari pertama : Buah (hanya boleh makan buah saja, apapun jenis buah selain pisang)
  2. Hari ke-2 : Sayur (Hanya boleh makan sayuran saja, boleh diolah rebus atau tumis, kecuali kentang)
  3. Hari ke-3 : Buah dan Sayur (ini kombinasi hari pertama dan kedua, kecualinya juga sama yaitu pisang dan kentang)
  4. Hari ke-4 : Pisang dan susu 3 gelas (yak, seharian hanya boleh makan pisang dan susu low fat saja. Pisangnya pun dibatasi hanya 6 buah yang besar atau 8 yang berukuran kecil)
  5. Hari ke -5 : Daging seberat 500 gr dan tomat (Kalau tidak suka tomat, bisa diganti dengan belimbing manis)
  6. Hari ke-6 : Sayur dan daging (boleh juga buah-buahan asal tidak berlebihan)
  7. Hari ke-7 : Sudah bisa makan seperti biasa pakai nasi namun nasinya dari beras merah.

Nah, aturan sudah ada, niat sudah ada, tinggal jalanin deh. Berikut ini pengalaman saya menjalani diet GM beserta menu-menunya.

Oke dimulai dengan niat dan bismillah, saya mulai diet ini pada hari senin, 9 April 2018.

Menu diet GM Hari Pertama

Menurut saya, hari pertama ini cukup menyenangkan karena saya suka buah. Tapi kalo makan buah seharian ya lumayan bikin sinting juga kakak… :’)

Persiapan yang harus dilakukan pada hari pertama ini nggak banyak. Saya cuma nyetok apel, pepaya dan buah naga di rumah untuk sarapan dan makan malam. Untuk makan siangnya, saya beli buah potong di minimarket dekat kantor. Alhamdulillah pilihannya cukup banyak, ada kiwi, jambu kristal dan melon. Semua tinggal makan aja… praktis kan? Oya selain makan buah, biar nggak laper, perbanyak minum air putih dan perbanyak istighfar aja biar strong…

Menu diet GM Hari Ke-dua

Hari ke dua ini lumayan berat ya karena cuma boleh makan sayur. Saya benar-benar merasa hampa di hari ke dua ini, namun karena hari sebelumnya berhasil, maka saya berusaha memotivasi diri sendiri bahwa hari ini juga akan berhasil.

Sayangnya di rumah nggak ada sayuran yang menggugah selera. Cuma ada bokcoy, labu dan sawi putih dan saya rebuslah mereka semua untuk sarapan. Duh, rasanya… PUSING. Akhirnya saya beli pecel deh, jadi sarapannya dua kali :))

Makan siangnya agak kalap nih, saya beli terong balado teri (tapi terinya nggak dimakan.. tak pinggirin, duh kasian amat itu teri), tumis kangkung dan lalapan macem-macem. Alhamdulillah.. rasanya nikmat sekali. Nikmat luar biasa sampe mau nangis :”) *lebay

Malamnya saya makan sayur bayam bening dan saya taburi jagung pipil. Sayangnya nggak saya foto karena udah mau koit di jam-jam tersebut. Udah nggak sanggup lagi saya pake moto-moto makanan.

Abis makan, beberes, main sebentar sama anak trus pingsan bobok deh. Saya sebenernya agak salah timing ketika diet ini mulai. Lha kok bareng sama menstruasi.. jadilah tambah lemes.

Menu diet GM Hari Ke-tiga

Alhamdulillahirobbil’alamin, hari ketiga ini menunya cukup manusiawi yaitu buah dan sayur. Kalau kemarennya lidah udah berasa mati rasa karena makan sayur doang, hari ini duniaku dipermanis oleh buah-buahan. Sungguh saya bersyukur. Ternyata diet ini bisa meningkatkan rasa syukur kepada illahi, bahwa makanan itu adalah berkah yang tak terhingga nilainya. Namun rasa syukur itu seringkali luput apabila perut kita selalu dalam keadaan kenyang.

Diet hari ke tiga lancar..

Menu diet GM Hari Ke-empat

Hari ke-empat menurut saya adalah hari yang paling berat. Bayangin aja seharian cuma makan pisang sama minum susu. Sungguh saya merasa nggak yakin bisa berhasil di hari ini.  Tapi alhamdulillah saya bisa melaluinya. Susu yang saya pilih juga yang ada aja di minimarket. Saya beli 3 kotak ( 2 rasa cokelat dan 1 rasa vanilla) dan ketiganya low fat. Saya minum satu ketika sarapan bersama satu buah pisang raja, siang, dan sore.

Karena saya lugu.. jadi seharian saya makan pisang yang sama. Padahal nggak apa apa makan pisang kepok kukus, rebus, atau pisang bakar. Asal nggak ditambahin susu, gula apalagi keju aja :))

Oiya, jatahnya kan 6 pisang besar ya? tapi saya cuma makan 5 pisang. Bukan karena nggak laper atau sok ngurang-ngurangin jatah. Tapi saya nggak sanggup lagi makan pisang… keblinger saya.. sungguh… tidak sanggup :”))

Menu diet GM Hari Ke-lima

Hari ke lima ini saya anggap berkah karena pada hari ini boleh makan daging. Menunya untuk hari ini daging dan tomat tapi entah kenapa saya sedang tidak berminat dengan tomat jadi saya ganti dengan belimbing manis. Kebetulan di aturannya emang tomat boleh diganti.

Saya mulai hari ini dengan sarapan belimbing. Alhamdulillah setelah keblenger pisang di hari sebelumnya, hari ini saya menemukan rasa baru. Kemudian saya makan siang ayam kalasan setengah ekor (berasa nggak makan setahun deh ya). Hari ini tidak terlalu berat seperti hari-hari sebelumnya karena sudah boleh makan daging.

Sore hari saya ke kafe dan beli menu dada ayam goreng gitu, eh tapi nggak ada menu yang menawarkan protein hewaninya aja. Tetap ada pendampingnya berupa french fries. Alhamdulillah saya tahan godaan dan tidak memakan french friesnya.:’)

Pendapat saya tentang hari ke-lima ini, bener-bener enak banget karena udah dibolehin makan daging. Terimakasih ya Allah….

Menu diet GM Hari Ke-enam

hari ke enam ini sudah kembali hidup sebagai manusia..Sudah boleh makan daging dan sayuran juga buah-buahan. Tapi masih belum boleh makan karbohidrat ya.. nasi dan kentang belum boleh.

Nah hari ke -6 ini nggak ada apa apanya deh dibanding 4 hari pertama. Di sini saya sudah merasa nyaman sama tubuh saya.

Menu diet GM Hari Ke-tujuh

Yay, dietnya selesai… haha eh belom deng. Maksudnya ini hari terakhir. Hari terakhir ini kita sudah diperbolehkan makan nasi dengan lauk pauk. Namun nasinya hanya boleh dari beras merah. Alhamdulillah hari ini berjalan lancar sekali dan saya bahagia akhirnya dietnya selesai.

Ok, kemudian??? jadi turun berapa kiloooo???

Ini yang ditunggu-tunggu emang ya kesimpulannya? Jadi setelah mengalami diet yang sungguh ketits kayak celananya Kim Kardashian, Bobot saya turun, emmm… 2 kg saja sodarah sodarah… hiks hiks.. mau nangis nggak sih? wkwkkwkw… tapi ya lumayan lah ya.. 7 hari 2 kg itu berarti sekali buat ibu-ibu beranak dua macam saya yang sebelumnya nyocol sambel aja bisa langsung naik 2 kg!

Ya sudah lah walaupun yang dijanjikan 7 kg, 2 kg lumayan deh ya… Paling tidak, celana-celana sudah tidak sempit lagi dan pipi sudah tidak terlalu menggelembung lagi.

Recommended nggak sih????

Ini emang cara instan yang lumayan butuh perjuangan keras. Kalau ditanya recommended nggak sih? saya akan jawab ya tergantung. Bagi yang bisa puas dan ikhlas turun berat badan 2 kg aja seperti saya, saya rasa recommended. Tapi bagi yang berharap banyak atau pengennya turun 7 kg dalam 7 hari, saya rasa nggak recommended.

Memang sih saya awalnya merasa sedikit kecewa karena tidak seperti yang dijanjikan namun kalau dilihat lagi, ternyata berat badan saya juga bukan yang overweight. Berat badan saya awalnya 55 kg dengan tinggi badan 157 kg. Setelah diet, BB saya menjadi 53 kg. Nah sementara teman saya yang benar-benar merasakan turun banyak BB nya, awalnya beratnya di atas 80 kg.

Jadi saya menyimpulkan, jumlah bobot yang susut pada orang-orang yang sudah mendekati berat badan ideal, agak susah untuk secara drastis turun lebih banyak. Beda dengan orang yang overweight.

Oya, diet ini boleh dilakukan berulang namun hanya boleh 1 kali dalam 1 bulan. Ya rasanya berat emang diet GM ini tapi ternyata saya bisa juga melaluinya. Terus terang diet ini jadi menyadarkan saya bahwa selama ini saya terlalu kenyang sehingga tidak mampu mendengar kemauan badan saya.. dan membuat saya menyadari satu hal yaitu:

Hungry stomach makes you know your self better. It brings you to the instinct of survival

 

Please follow and like us:

Written by 

7 thoughts on “Pengalaman menjalani Diet GM”

  1. asli ngakak abis bund bacanya hahaha, tapi baca d akhir agak ngedown.
    padahal saya udah di hari ke-4 GM, lagi nyusu sama makan pisang doang nih bund hiks hiks hiks sedih bangetttttttt.
    hari ke-2 khilaf makan pie oleh2 bali malahan 2 biji lagi hikshiks
    hari ke-3 juga khilaf makan pie oleh2 dr bali masih nyisah aja itu d meja godaaaaaan tapi untungnya cuma 1 sih bunddd…
    tapi td pagi aku nimbang dalam diet yang aku jalanin 3 hari lalu dan taraaaaaaa !!!! turun 2kg bun alhamdulillah, mudah2han aja sampe finishnya 2kg lagi gapapa dehhh drpd 2kg doang hiks

    1. Aku upgrade berita tentang diet GM ini ternyata nggak recommended bund.. gak usah diterusin karena nggak sehat. Bagusnya diet itu minimal targetnya 3 bulan baru bisa before after. Kalo di bawah 3 bulan malah beresiko penyakit dan beresiko gendut lagi.

  2. Hi! Nice story, bu. Sedikit sharing aja ya.. Jumlah daging yg dibolehin selama diet GM itu 500 gram aja.. trus juga selama hari yang jadwalnya makan buah, ga boleh makan pisang dan kiwi. Trus juga walaupun makanannya udah di tentuin tiap harinya dan bebas mau diolah kaya apa, tetep jangan makan goreng2an atau minyak. Pinter2nya kita ngatur aja sih.. hehe.. aku personally terbantu banget sama diet ini, turun 4-5 kilo seminggu. Anyway thanks for sharing ya, bu.. Salam kenal! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *