The End Of The Story

Saya tidak tahu sudah berapa lama saya terpaku di atas kasur ini. Memandang nanar ke layar laptop itu, menunggu jawaban yang selama ini saya tunggu. Mungkin lebih tepatnya menunggu akhir dari cerita ini, cerita yang sudah larut dan membuat saya mengantuk.

Ya, kisah percintaan saya dengan Akbar

Saya harap begitu, paling tidak, cerita ini punya akhir seperti layaknya cerita lainnya. Sekalipun ada juga cerita yang dibiarkan koma, tapi saya ingin ini semua ada titiknya. Terserah mau manis atau pahit, saya tidak peduli. Cerita ini sudah terlalu lama terbang di udara. Saya ingin segera mendarat sekalipun berat.

Saya tidak mau lagi seperti sebelumnya, lagi-lagi memberinya kesempatan untuk mengulur-ngulur waktu. Memberinya ruang untuk membuat saya kecewa untuk ke sekian kalinya.

Paling tidak, begitu rencananya. 

Read More …

Please follow and like us:

Eco Park Ancol Review: A Child-Friendly Tourism Destination in Jakarta

Are you planning to visit Jakarta with your children and still wonder a proper place to hang out? Here is one of recently renowned tourism destinations which will make your family happy, Eco Park Ancol. This place offers a  different experience during your stay in Jakarta.

Jakarta which known as a “concrete jungle” city, seems to be the place where green space is barely available. However, the statement is not completely true, Eco Park will please your eyes with endless green sceneries and natural views. The thought that one can enjoy natural atmosphere in Jakarta is absolutely promising. So, do not hesitate to visit this place!

Location

Located inside a complex of Taman Impian Jaya Ancol, Eco Park can be accessed by private or public transportation. If you’re riding private vehicle, you can simply type  “Ancol” on map application on your GPS or smartphone and the map will guide you right away. But if you want to use public transportation, here are the options:

  1. KRL Commuter
  2. Trans Jakarta Bus
  3. Regular Bus

As you reach Taman Impian Jaya Ancol, follow the signage to Fauna Land, Eco Park as the map below

You need to observe the operational hour of Eco Park before you go. So here it is :

Operational Hour

Thursday 06.00–18.00
Friday 06.00–18.00
Saturday 06.00–18.00
Sunday 06.00–18.00
Monday 06.00–18.00
Tuesday 06.00–18.00
Wednesday 06.00–18.00
Price
The ticket cost IDR 80.000/ person (2018)

What to do

Ecopark offers several activities namely, strolling around the Mini Zoo, watching animal show, photographing, and animal feeding. There is also a mini farm where your kids can plant plantations (but i didn’t go there)

 

So.. here are activities i have experienced in Eco Park, Ancol

 

  1. Strolling around mini zoo

The zoo has several groups of animals like birds group, cattles, and wild animals.

 

 

 

2. Donkey Feeding

Your kids will be happy to do this activity. They are allowed to feed these cute donkeys with carrots.

3. Photographing

There are a lot of photo spots that you can explore and directly post to your social media.


There are other activities like Cycling, Bird Show Watching, Boating, Farming and Organics shopping in Ecopark Ancol that you can enjoy. All of them are children friendly. Do not hesitate to leave your question if you have something to ask.

 

Enjoy your stay in Jakarta

Bye.

 

Please follow and like us:

Pengalaman menjalani Diet GM

Beberapa minggu yang lalu saya merasa resah karena hampir semua celana rasanya sesak sekali dipakai. Memang sebelumnya saya tipe orang yang hobi banget diet tapi juga hobi melanggarnya. Jadi wacana pengen kurus ini sudah dari lama banget deh ya tapi baru bener-bener terwujud ketika ada panggilan kalbu (tsaaaahh ilah) yang berkata bahwa “kali ini kamu benar-benar harus berhasil”.

Maka ketemulah saya dengan seorang teman yang pernah sukses melakukan diet dan diet yang dia lakukan adalah diet GM. Saya penasaran banget karena katanya diet ini hanya butuh waktu seminggu untuk menurunkan 5 – 7 kg! Apaaaaa???? sungguhkahh??? Akhirnya saya bulatkan tekad untuk melakukannya.

Saya kasih sedikit info dulu ya tentang diet GM itu apa. Jadi diet GM adalah :

The GM diet, also known as the General Motors diet, is a plan that promises to help you lose up to 15 pounds (6.8 kg) in just one week.

Each day of the GM diet permits you to eat different foods or food groups.

Proponents of the diet claim this technique stimulates weight loss and helps burn fat faster than other diets. (source: https://www.healthline.com/nutrition/gm-diet)

Singkatnya, diet ini menjanjikan penurunan berat badan secara signifikan bahkan sampai 7kg dalam waktu hanya 1 minggu dengan memakan kelompok makanan tertentu yang ditentukan tiap harinya. Diet ini dianggap sebagai diet yang paling efektif menurunkan berat badan dibanding jenis diet yang lainnya. Yang dijanjikan diet ini antara lain adalah:

  • Menurunkan berat badan sampai 7kg dalam 7 hari
  • Membersihkan racun dalam tubuh
  • Meningkatkan kinerja sistem pencernaan
  • Meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak

benar benar manis sekali janji janjinya.. dan saya rasa diet ini worth a try.

Pada prinsipnya, diet ini rulesnya mudah diikuti (tapi dijalaninnya yang susah) karena sudah ada aturan menu hariannya seperti ini:

  1. Hari pertama : Buah (hanya boleh makan buah saja, apapun jenis buah selain pisang)
  2. Hari ke-2 : Sayur (Hanya boleh makan sayuran saja, boleh diolah rebus atau tumis, kecuali kentang)
  3. Hari ke-3 : Buah dan Sayur (ini kombinasi hari pertama dan kedua, kecualinya juga sama yaitu pisang dan kentang)
  4. Hari ke-4 : Pisang dan susu 3 gelas (yak, seharian hanya boleh makan pisang dan susu low fat saja. Pisangnya pun dibatasi hanya 6 buah yang besar atau 8 yang berukuran kecil)
  5. Hari ke -5 : Daging seberat 500 gr dan tomat (Kalau tidak suka tomat, bisa diganti dengan belimbing manis)
  6. Hari ke-6 : Sayur dan daging (boleh juga buah-buahan asal tidak berlebihan)
  7. Hari ke-7 : Sudah bisa makan seperti biasa pakai nasi namun nasinya dari beras merah.

Nah, aturan sudah ada, niat sudah ada, tinggal jalanin deh. Berikut ini pengalaman saya menjalani diet GM beserta menu-menunya.

Oke dimulai dengan niat dan bismillah, saya mulai diet ini pada hari senin, 9 April 2018.

Menu diet GM Hari Pertama

Menurut saya, hari pertama ini cukup menyenangkan karena saya suka buah. Tapi kalo makan buah seharian ya lumayan bikin sinting juga kakak… :’)

Persiapan yang harus dilakukan pada hari pertama ini nggak banyak. Saya cuma nyetok apel, pepaya dan buah naga di rumah untuk sarapan dan makan malam. Untuk makan siangnya, saya beli buah potong di minimarket dekat kantor. Alhamdulillah pilihannya cukup banyak, ada kiwi, jambu kristal dan melon. Semua tinggal makan aja… praktis kan? Oya selain makan buah, biar nggak laper, perbanyak minum air putih dan perbanyak istighfar aja biar strong…

Menu diet GM Hari Ke-dua

Hari ke dua ini lumayan berat ya karena cuma boleh makan sayur. Saya benar-benar merasa hampa di hari ke dua ini, namun karena hari sebelumnya berhasil, maka saya berusaha memotivasi diri sendiri bahwa hari ini juga akan berhasil.

Sayangnya di rumah nggak ada sayuran yang menggugah selera. Cuma ada bokcoy, labu dan sawi putih dan saya rebuslah mereka semua untuk sarapan. Duh, rasanya… PUSING. Akhirnya saya beli pecel deh, jadi sarapannya dua kali :))

Makan siangnya agak kalap nih, saya beli terong balado teri (tapi terinya nggak dimakan.. tak pinggirin, duh kasian amat itu teri), tumis kangkung dan lalapan macem-macem. Alhamdulillah.. rasanya nikmat sekali. Nikmat luar biasa sampe mau nangis :”) *lebay

Malamnya saya makan sayur bayam bening dan saya taburi jagung pipil. Sayangnya nggak saya foto karena udah mau koit di jam-jam tersebut. Udah nggak sanggup lagi saya pake moto-moto makanan.

Abis makan, beberes, main sebentar sama anak trus pingsan bobok deh. Saya sebenernya agak salah timing ketika diet ini mulai. Lha kok bareng sama menstruasi.. jadilah tambah lemes.

Menu diet GM Hari Ke-tiga

Alhamdulillahirobbil’alamin, hari ketiga ini menunya cukup manusiawi yaitu buah dan sayur. Kalau kemarennya lidah udah berasa mati rasa karena makan sayur doang, hari ini duniaku dipermanis oleh buah-buahan. Sungguh saya bersyukur. Ternyata diet ini bisa meningkatkan rasa syukur kepada illahi, bahwa makanan itu adalah berkah yang tak terhingga nilainya. Namun rasa syukur itu seringkali luput apabila perut kita selalu dalam keadaan kenyang.

Diet hari ke tiga lancar..

Menu diet GM Hari Ke-empat

Hari ke-empat menurut saya adalah hari yang paling berat. Bayangin aja seharian cuma makan pisang sama minum susu. Sungguh saya merasa nggak yakin bisa berhasil di hari ini.  Tapi alhamdulillah saya bisa melaluinya. Susu yang saya pilih juga yang ada aja di minimarket. Saya beli 3 kotak ( 2 rasa cokelat dan 1 rasa vanilla) dan ketiganya low fat. Saya minum satu ketika sarapan bersama satu buah pisang raja, siang, dan sore.

Karena saya lugu.. jadi seharian saya makan pisang yang sama. Padahal nggak apa apa makan pisang kepok kukus, rebus, atau pisang bakar. Asal nggak ditambahin susu, gula apalagi keju aja :))

Oiya, jatahnya kan 6 pisang besar ya? tapi saya cuma makan 5 pisang. Bukan karena nggak laper atau sok ngurang-ngurangin jatah. Tapi saya nggak sanggup lagi makan pisang… keblinger saya.. sungguh… tidak sanggup :”))

Menu diet GM Hari Ke-lima

Hari ke lima ini saya anggap berkah karena pada hari ini boleh makan daging. Menunya untuk hari ini daging dan tomat tapi entah kenapa saya sedang tidak berminat dengan tomat jadi saya ganti dengan belimbing manis. Kebetulan di aturannya emang tomat boleh diganti.

Saya mulai hari ini dengan sarapan belimbing. Alhamdulillah setelah keblenger pisang di hari sebelumnya, hari ini saya menemukan rasa baru. Kemudian saya makan siang ayam kalasan setengah ekor (berasa nggak makan setahun deh ya). Hari ini tidak terlalu berat seperti hari-hari sebelumnya karena sudah boleh makan daging.

Sore hari saya ke kafe dan beli menu dada ayam goreng gitu, eh tapi nggak ada menu yang menawarkan protein hewaninya aja. Tetap ada pendampingnya berupa french fries. Alhamdulillah saya tahan godaan dan tidak memakan french friesnya.:’)

Pendapat saya tentang hari ke-lima ini, bener-bener enak banget karena udah dibolehin makan daging. Terimakasih ya Allah….

Menu diet GM Hari Ke-enam

hari ke enam ini sudah kembali hidup sebagai manusia..Sudah boleh makan daging dan sayuran juga buah-buahan. Tapi masih belum boleh makan karbohidrat ya.. nasi dan kentang belum boleh.

Nah hari ke -6 ini nggak ada apa apanya deh dibanding 4 hari pertama. Di sini saya sudah merasa nyaman sama tubuh saya.

Menu diet GM Hari Ke-tujuh

Yay, dietnya selesai… haha eh belom deng. Maksudnya ini hari terakhir. Hari terakhir ini kita sudah diperbolehkan makan nasi dengan lauk pauk. Namun nasinya hanya boleh dari beras merah. Alhamdulillah hari ini berjalan lancar sekali dan saya bahagia akhirnya dietnya selesai.

Ok, kemudian??? jadi turun berapa kiloooo???

Ini yang ditunggu-tunggu emang ya kesimpulannya? Jadi setelah mengalami diet yang sungguh ketits kayak celananya Kim Kardashian, Bobot saya turun, emmm… 2 kg saja sodarah sodarah… hiks hiks.. mau nangis nggak sih? wkwkkwkw… tapi ya lumayan lah ya.. 7 hari 2 kg itu berarti sekali buat ibu-ibu beranak dua macam saya yang sebelumnya nyocol sambel aja bisa langsung naik 2 kg!

Ya sudah lah walaupun yang dijanjikan 7 kg, 2 kg lumayan deh ya… Paling tidak, celana-celana sudah tidak sempit lagi dan pipi sudah tidak terlalu menggelembung lagi.

Recommended nggak sih????

Ini emang cara instan yang lumayan butuh perjuangan keras. Kalau ditanya recommended nggak sih? saya akan jawab ya tergantung. Bagi yang bisa puas dan ikhlas turun berat badan 2 kg aja seperti saya, saya rasa recommended. Tapi bagi yang berharap banyak atau pengennya turun 7 kg dalam 7 hari, saya rasa nggak recommended.

Memang sih saya awalnya merasa sedikit kecewa karena tidak seperti yang dijanjikan namun kalau dilihat lagi, ternyata berat badan saya juga bukan yang overweight. Berat badan saya awalnya 55 kg dengan tinggi badan 157 kg. Setelah diet, BB saya menjadi 53 kg. Nah sementara teman saya yang benar-benar merasakan turun banyak BB nya, awalnya beratnya di atas 80 kg.

Jadi saya menyimpulkan, jumlah bobot yang susut pada orang-orang yang sudah mendekati berat badan ideal, agak susah untuk secara drastis turun lebih banyak. Beda dengan orang yang overweight.

Oya, diet ini boleh dilakukan berulang namun hanya boleh 1 kali dalam 1 bulan. Ya rasanya berat emang diet GM ini tapi ternyata saya bisa juga melaluinya. Terus terang diet ini jadi menyadarkan saya bahwa selama ini saya terlalu kenyang sehingga tidak mampu mendengar kemauan badan saya.. dan membuat saya menyadari satu hal yaitu:

Hungry stomach makes you know your self better. It brings you to the instinct of survival

 

Please follow and like us:

Pertama Kali

aku bertemu denganmu, pertama kali
ketika hari masih dini
ketika matahari belum tinggi
ketika harapan akan cita kembali memenuhi relung hati

aku berbicara denganmu, pertama kali
dalam keheningan hati
tentang sepotong informasi masa lalu yang kau gali
juga tentang duniamu yang engkau cintai

aku mengagumimu, sejak pertama kali
bukan karena keindahan ragawi
bukan karena kredibilitasmu yang diagungi
bukan karena dorongan hasrat duniawi

aku tetap mengagumimu, seperti pertama kali
meski duniamu terlalu jauh untuk disinggahi
meski perspektifmu tak bisa kumengerti
meski nurani tak membenarkan diri

aku menikmati
setiap waktu yang kau beri
setiap cerita yang kau bagi
setiap rasa yang terpatri

dari pertama kali..

 

(poetry by M. Shubhiyuda Wibawa)

Please follow and like us: